17. Mempublikasikan & Mendistribusikan WordPress Theme

Oke, Anda sekarang sudah bisa bikin theme. Mungkin suatu saat theme Anda benar-benar layak untuk dipublikasikan ke seluruh dunia. Nah, apa saja yang perlu diketahui untuk mendistribusikan theme buatan Anda?

Bagaimana Lisensi Theme buatan saya?

WordPress dirilis dibawah  GNU’s General Public License (GPL). GPL adalah lisensi sumber terbuka (open source) yang memungkinkan siapa saja untuk memodifikasi atau meredistribusikan kode sumber dan semua kerja turunannya dan tetap menjamin kalau kode tersebut tetap gratis bagi siapa saja.

Kategori pekerjaan derivatif antara lain theme. Ini berarti bahwa theme yang diistribusikan (gratis maupun premium) harus juga menggunakan lisensi  GPL . Dibawah lisensi GPL, setiap pengguna yang mengunduh atau membeli theme bebas untuk memodifikasi dan mendistribusikan setiap bagian sesukanya tanpa batasan. Komplian penuh dengan GPL diperlukan untuk semua theme yang terdaftar baik sebagai  Free atau Commercial di direktori WordPress.org. Berikut artikel menarik bagaimana Theme untuk WordPress berada dalam lisensi GPL juga.

Jika theme And amencakup juga bundel font, script atau grafis, periksa juga apakah semua tambahan itu juga berada dalam lisensi GPL. Berikut artikel  daftar kompatibilitas GPL untuk aset tambahan yang disertakan didalam theme.

Dimana saya tempatkan?

Jika Anda punya rencana mendistribusikan theme anda secara gratis, direkomendasikan untuk mengirimkan ke direktori theme gratisan milik WordPress.org. Ada dua keuntungan untuk menambahkan theme ke direktori WordPress: Pertama, ulasan yang real dari tim pengulas theme ; dan kdedua dapat meraih pengguna yang luas ..

100% Ulasan Oleh Manusia

Bila Anda mengirimkan theme yang Anda buat ke WordPress.org Free Themes Directory, theme akan diulas oleh anggota   WordPress Theme Review Team. Tim ini terdiri dari anggota komunitas WordPress yang menyediakan waktunya untuk mengulas theme yang masuk dan menjamin kalau kode memenuhi panduan terkini.  Theme Review Guidelines dibuat untuk membantu memperbaiki kualitas theme secara keseluruhan di   Free Themes Directory, dan menentukan standard umum dan penerapan terbaik untuk pengembangan theme.

Lama proses ulasan tergantung seberapa banyak antrian yang ada karena banyaknya theme yang harus di ulas. Jika theme Anda tidak lolos uji dari tim, Anda punya kesempatan untuk memperbaikinya dan mengirimkannya kembali  secara berulang smapai akhirnya diterima. Jangan takut kalau theme berulang-ulang diuji dan diulas sampai akhirnya diterima.

Pengunjung Yang Luas Jangkauannya

Sekali theme masuk direktori, theme akan tampil sebagai theme baru ataupun hasil pencarian theme yang sesuai dengan deskripsi theme Anda. Dari laman admin WordPress, theme juga akan tampil melalui menu Appearance → Themes dan dapat langsung diinstall jika diinginkan.

Tim theme Automattic  secara rutin mencari theme terbaik di direktori theme WordPress dan mencoba menemukan theme yang sesuai dengan selera pengguna blog di  WordPress.com. Menempatkan theme Anda di direktori merupakan cara terbaik untuk memperkenalkan hasil karya kita.

Theme Komersial (Premium)

Punya rencana menjual theme yang kamu buat? Kamu bisa jelajahi pasar digital theme maupun templat yang ada di Internet. Ada banyak marketplace yang dapat kamu gunakan.Meskipun theme kamu tidak dimasukkan di direktori theme WordPress ada baiknya untuk tetap mengikuti panduan Theme Review Guidelines sebaik mungkin. Dengan car ademikian, ada jaminan kalau produk Anda aman bagi pembeli,  up-to-date, dan berkualitas tinggi.  Untuk mempromosikan theme premium Anda silahkan promosikan di  WordPress.org Commercial Themes Directory .

Bagaimana mempersiapkan Theme untuk didistribusikan ?

Jika ingin membuat theme untuk konsumsi publik, pastikan theme yang kamu buat punya adaptabilitas tinggi. Misalnya, satu orang mungkin hanya ingin menambahkan satu menu, orang lain ingin punya sepuluh menu, atau menu yang bertingkat-tingkat. Beberapa orang mungkin ingin judul post atau widget yang singkat dan lugas, orang lain malah mungkin ingin judul yang panjang. Ada juga yang ingin tampil multimedia, atau tampil sederhana. Ada banyak skenario yang mungkin bagaimana theme digunakan orang lain sesuai dengan tujuannya misalnya blog personal, bisnis, organisasi, komunitas dll. Karena itu pastikan theme mampu beradaptasi dengan keinginan penggunanya.

Berikut ini beberapa hal praktis yang sering ditemukan dalam pengembangan theme WordPress :

  • Yakinkan kalau theme dapat digunakan di beberapa situasi misalnya judul yang panjang, judul widget yang panjang, beberapa menu, dll.
  • Theme harus  translation-ready.
  • Tambahkan kemungkinan right-to-left (RTL) stylesheet untuk digunakan bagi khalayak yang mempunyai kebiasaan mmebaca dari kanan ke kiri seperti bahasa Arab.
  • Yakinkan font-font yang digunakan didukung untuk berbagai bahasa.
  • Hindari hard coding dan hormati pengaturan pengguna sebaik mungkin .
  • Hindari menggunakan grafik ornamental (misalnya gambar background untuk judul artikel post atau widget) karena untuk judul yang panjang kemungkinan akan diskontinu dan pecah. Kalau bisa, gunakan efek CSS3 dibandingkan grafik ornamental. Saat ini dengan CSS3 kita dapat buat pojok membulat, drop-shadows, gradients, dan efek lainnya.

Selain memanfaatkan Theme Review Guidelines, uji juga theme Anda dengan Theme Unit Test, dan gunakan juga Theme Check Plugin.

Sarana Perawatan Dan Dukungan Teknis

Sangat direkomendasikan theme Anda punya rumah di web alias punya website sendiri yang menjelaskan segalanya tentang theme Anda. Apakah menggunakan nama domain sendiri atau menjadi bagian dari web personal atau perusahaan Anda , laman web yang menjadi dukungan teknis pengguna theme sangat penting sebagai sumber rujukan resmi. Website untuk theme Anda sekurangnya menyediakan dokumentasi, demo, kabar terkini dan update, showcase pengguna theme, maupun informasi pendukung lainnya.

Beberapa pembuat theme memilih untuk menggunakan sarana dukungan teknis dengan membuat forum diskusi di website mereka atau menjadi bagian dari   WordPress.org Themes & Templates support forum. Bagaimana pun caranya, sediakan sarana perawatan dan dukungan teknis untuk theme yang Anda publikasikan untuk umum baik gratis maupun komersial.

 

Satu pemikiran pada “17. Mempublikasikan & Mendistribusikan WordPress Theme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *