7. Perawatan Dan Pengelolaan Website

Kelemahan mendasar dari sebagian besar situs Internet perusahan/organisasi setelah situs selesai dibuat dan dipromosikan adalah dalam hal perawatan situs. Kelemahan ini mungkin merupakan gambaran besar masyarakat Indonesia, tidak cuma sekedar berkaitan dengan situs Internet, yaitu memelihara apa yang telah ada dan kita miliki. Khusus yang berkaitan dengan situs Internet, kelemahan ini tidak sekedar cuma merawat situs secara teknis tetapi juga memperbaharui isinya, dan menanggapi apa yang telah disampaikan ke dalam situs oleh para pengunjungnya. Kegiatan merawat mungkin memang kegiatan yang membosankan dan memakan waktu. Namun hal ini tidak boleh diabaikan apalagi bagi suatu situs internet di mana aspek kebaruan informasi menjadi suatu masalah yang penting. Untuk situs yang isinya tidak berubah barangkali seorang penelusur paling banyak akan mengunjungi situs Anda tiga kali secara berulang. Bila selama tiga kali kunjungan tidak ada perubahan apa-apa kemungkinan besar kunjungan ketiga adalah kunjungannya terakhir terhadap situs tersebut. Banyak kasus dimana situs perusahaan mengalami penurunan yang kontinu dari penelusur Internet karena informasi dan perawatan yang minim. Untuk mengatasi hal ini Anda sebenarnya dapat menugaskan seseorang atau sekelompok orang untuk merawat dan memantau situs perusahaan yang sudah Anda buat. Lebih mudah lagi mungkin Anda perlu menyewa perusahaan yang profesional dalam hal desain dan perawatan situs ini sehingga beban kerja perusahaan Anda tidak terpecah. Namun hal ini perlu koordinasi yang baik antara perusahaan dengan konsultan desain atau perawat situs tersebut.

internet-website-maintenance-services

Perawatan situs mencakup beberapa apsek teknis dan non teknis. Aspek teknis misalnya memeriksa apakah ada halaman situs yang rusak baik broken link atau gambar yang tidak muncul, mengatasi gangguan dari pihak luar seperti serangan hacker, memeriksa statistik kunjungan atau hit rate terhadap situs Anda, dan mengadakan kontak dengan pihak pemilik server atau ISP untuk masalah yang terjadi di sekitar server , dll. Aspek non teknis misalnya berkaitan dengan respon terhadap tanggapan dari pengunjung situs Anda, kebaruan informasi, dll.

Untuk aspek non teknis, kebaruan informasi masih menjadi kelemahan terbesar dari situs Internet perusahaan maupun organisasi di Indonesia. Tanpa memperhatikan aspek perawatan dan kebaruan situs, apa yang ingin Anda harapkan dari keberadaan situs internet Anda mungkin tidak akan tercapai.

internet-websitemaintenan-task

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *