WordPress 4.7 Sudah Dirilis Hari Ini, Ready Untuk Blog Bisnis & Video Blog (Vlog)

Akhirnya, setelah menunggu dan mencoba beta testing WordPress 4.7, tanggal 7 Desember 2016 WordPress 4.7 pun resmi dirilis dengan kode “Vaughan”. Theme defaultnya kali ini diberi nama 2017  alias Twenty Seventeen yang ready untuk Vlog. Jadi dengan adanya video blog ini, ada tiupan nafas kehidupan baru bagi situs dengan WordPress 4.7 , itu kata promosi pas saya selesai memasang WordPress 4.7 di situs ini. Versi yang sebenarnya saya rencanakan dengan video blog adalah situs ABI212. Sayangnya, saya tidak bisa mengunggah Video maupun pdf soalnya besar file server hosting saya dibatasi hanya dua mega saja. Twenty Seventeen ditujukan untuk situs bisnis dan menyajikan laman beranda yang bisa dikustomisasi dengan sejumlah bagian. Personalisasikan dengan widget, navigasi, menu sosial, logo, warna kustom, dan lainnya. Tema bawaan untuk 2017 tampil dengan sempurna pada semua bahasa, semua perangkat, dan berbagai segmen pengguna.


Ini bentuk asli laman depannya yang statis. Tapi nanti kalau pas dikustom bisa diubah dengan video.

Kalau dibandingkan dengan versi theme default sebelumnya, twenty seventeen nampaknya sudah dibuat untuk orientasi bisnis. Tampilan theme-nya, selain punya fitur menampilkan video di laman depan (meskipun suara video nggak keluar saat testing), juga menampilkan halaman onepage scrolling ala website marketer. Jadi, sejalan dengan perkembangan dewasa ini blog yang dibuat WordPress lebih berorientasi kepada blog atau vlog bisnis. Tapi sebenarnya tak susah juga untuk ditampilkan sebagai blog atau vlog personal atau dengan tujuan khusus.

Blog Bisnis

Kalau kita ke laman kustom admin, tampilan dapat diatur sesaui dengan seksi-seksi laman seperti umumnya kita lihat di laman theme  onepage.

wp4-2017-kustom-page

Video Header

Meskipun fitur ini sudah umum ditemukan di theme premium, support header dengan video di theme twenty seventen membuat tampilan WP lebih greget, walupun suara dari video tak keluar alias sunyi. Mungkin belum sempurna. video dapat diunggah dari sumber lokal (ini tergantung besar fil eyang dapat diunggah, biasanya mak 8 mB, kalau mau lebih besar harus disetting konfigurasi server dan php – nya), atau link ke video di Youtube atau Vimeo.

Video lokal

wp4-2017-kustom-headervisual-lokal

Video dari Youtube

wp4-2017-kustom-headervisual-youtube

WordPress 4.7 menambahkan fitur-fitur baru pada menu customizer untuk membantu Anda melewati pengaturan awal suatu tema dengan pratinjau instan dari setiap perubahan yang Anda lakukan dalam satu alur kerja yang lancar.

Tema yang diusungkali ini dapat langsung terlihat saat kita mengkonfigurasikan pengaturan tema. Konten pun dapat lebih variatif bukan sekedar post dan page tapi juga beberapa konten sisipan yang lebih terkustomisasikan sebagai sebuah laman khusus misalnya pemasaran, kontak, dll.

Konten tersebut bisa berupa widget berisi info bisnis pada lokasi tertentu hingga menu contoh dengan tautan ikon medsos pada laman beranda statis disertai gambar-gambar pilihan And ayang menarik. Laman depan dapat dipasang video yang bisa langsung dipratinjau.

Beberapa detil menu juga mengalami tambahan dan perubahan terutama tampilan thumbnail pdf, layar editor kustom css, menu dan pilihan bahasa personal di layar admin.

Sejauh ini WordPress 4.7 berhasil terpasang di situs WPFORWHAT dan belum terlihat ada konflik dengan plugin yang sudah terpasang sebelumnya dan berjalan di WordPress 4.6.1 termasuk theme Wpforwhat versi yang sekarang  yang sebenarnya dibuat berdasarkan versi theme TwentyThirteen.

Oke, mudah-mudahan beberapa hari ke depan sempat mengopreknya lebih jauh dan silahkan klik disini untuk lihat-lihat WordPress 4.7 dan Twenty Seventeen belum diapa-apain.

Salam WP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *