Plugin Crayon Syntax

Crayon Syntax merupakan plugin yang berguna untuk membungkus kode di dalam Post atau Page. Ini tentu bermanfaat banyak bagi mereka yang suka berbagi ilmu pemrograman di internet karena dapat melakukan visualisasi kode dengan tampilan yang menarik. Kalau dulu, kita gunakan tag <code></code> atau <pre></pre> saja untuk menampilkan baris kode di suatu artikel. Dengan adanya Crayon Syntax ini visualisasi kode lebih berwarna warni dengan nomor baris kode yang memudahkan untuk menjelaskan maupun membaca.

Saat ini versio plugin yang dapat diunduh di WordPress.Org versi 2.7.2 beta terbitam tahun 2015. Meskipun sudah termasuk lama tidak direvisi, plugin ini sudah teruji di evrsi WordPress 4.2.1 dan di wpforwhat.com teruji dengan versi WordPress 4.6.1. Cukup lumayan dan tidak terlalu merepotkan. Beberap plugin sejenis masih minim fitur dan tidak selengkap Cranyon. Halaman adminya hanya memiliki satu laman untuk mengatur seluruh tampilan.

Setelah instalasi, di form Post maupun Page WordPress akan muncul ikon bertanda kode “< >” .

cranyon-toolbar

Jadi jelas kan, kalau plugin dapat digunakan langsung dengan mudah  setelah kita arahkan kursor di posisi dimana kode akan disisipkan dalam suatu tulisan. Dengan melakukan copy-paste dari editor kode, misalnya Notepad++, kode yang akan ditampilkan di artikel langsung di salin dan di tempelkan di editor cranyon setelah tombol ikon cranyon di klik.

crayon-editor-1

crayon-editor-2

hasil akhirnya, kode akan menyisip didalam artikel Post/Page dan akan tampil seperti dibawah ini.

crayon-editor-3

Ketika di lihat di perambah (browser) hasilnya adalah tampilan kode didalam sebuah editor crayon.

Meskipun begitu, ada kelemahan mencolok, kode hanya terbaca lengkap dengan baris kodenya pada saat ditampilan baca di browser. Kalau masih dalam posisi di Form Post kita tak bisa membaca warna warni kode maupun nomor baris kodenya. Jadi, kalau ingin menjelaskan dengan nomor baris kode, kita harus buka jendela kedua untuk melihat pratinjau dan membaca nomor baris kodenya.

Silahkan unduh disini jika tertarik memasang cranyon di blog WordPress Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *