Plugin CM Tooltip Glossary Versi 3.4.1

Glossary mungkin salah satu plugin populer di dunia WordPress. Ada banyak versi plugin glossary dari yang mudah sampai yang indah. Namun, kali ini saya akan mengulas salah satunya yang terpasang di WPForWhat.com yaitu plugin CM Tootip Glossary buatan Creative Mind. Sejauh ini ini versi gratis plugin ini cukup memadai untuk situs yang menganggap glossary hanya salah satu tambahan kecil saja, soalnya versi gratis plugin ini hanya disediakan untuk 500 item glossary. Kalau ingin lebih banyak menampung glossary ada baiknya mempertimbangkan versi premium. Tampilan akhir Cm Tooltip Glossary berupa laman indeks Glossary dan tampilan tooltip yang muncul di satu kata yang ada di database baik di laman Post maupun Page. Tampilan dapat diatur di bagian pengaturan di laman admin apakah mau ditampilkan terus menerus atau satu kali saja di kata pertama yang ditemui di suatu Post atau Page. Tentu saja nggak mungkin kita selalu menampilkan tooltip glossary kalau setiap kata yang pernah muncul  kebetulan diulang kembali. Jadi, sebaiknya diatur hanya kata pertama saja. Tampilan di laman tampilan kira-kira seperti ini.

cm-glossary-view

Tampilan indeks Glossary

crayon-preview-on-article

Tampilan di halaman Page atau Post sebagai Tooltip

Instalasi tidak sulit, begitu plugin dicemplungkan ke direktori folder plugin dan kita klik aktivasi tak ada masalah muncul di WordPress 4.6.1 ini. Jadi, sejauh ini masih kompatibel. Menu utama CM Tooltip Glossary terdiri dari menu daftar Glossary, tambah item, pengaturan , panduan pengguna dan link untuk upgrade ke pro.

cmglossary-menu

Setiap item Glossary dibuat menekan menu Add New . Judul item glossary atau kosa kata dituliskan dan isi kosakata pun kemudian diuraikan. Tidak rumit bukan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *