GoodieBake.Com

ade-sri-goodiebake-com

Sesuai namanya, goodiebake.com memang berhubungan dengan kue-kue. Kebetulan situs yang di hoster di wordpress.com ini milik teman saya. Dulu sempat kerja bareng di sebuah web developer yang sukses menjadi web agency. Nah karena saya mau mengulas manfaat WordPress untuk seseorang yang punya hobi bikin kue – yaitu ibu Ade Sri, sayapun kirim surel ke dia , mau nanya-nanya seberapa jauh ia memanfaatkan  blog khususnya dengan WordPress sejak ia mulai nulis blog tentang kue di awal tahun 2009-an sampai sekarang sukses menjadi penjual kue yang khas, jadi penulis buku resep, dan tentu saja jadi demonstrator dan motivator bikin kue. Nah, kira-kira ini hasil wawancaranya .

goodie-bake-1

WPFW :  Hallo De, bisa ceritain nggak sejak kapan memanfaatkan WordPress untuk bloging dan apa harapan dan tujuan awalnya?

ADES : Aku bikin blog sejak 2009, akhirnya. setelah sebelumnya galau mau dibuat apa dan sempat gonta-ganti nama dari Ordinary Venus, Adesri, sampai akhirnya berlabuh di Goodiebake ini.

Aku pake nama Goodiebake ini dari asal kata baked goodies (makanan panggang), karena cari-cari nama dalam Bahasa Indonesia atau Sunda, ngga dapat yang diinginkan. Awal mulanya cuma mau dijadikan tempat penyimpanan resep-resep yang sudah aku coba, karena aku hobi eksperimen tapi pelupa, dan buku catatan sudah penuh. Tujuannya supaya bisa diakses darimanapun dan kapanpun aku perlu.

goodie-bake-3

WPFW : Nah sejauh sampai hari ini punya goodiebake.com pernah nyoba pake aplikasi bloging lain nggak selain WordPress?

ADES : Multiply, Blogspot, Posterous. Favoritku Posterous; simple, ringan, to the point.

WPFW : Kemudahan apa aja selama ini yang diperoleh mulai dari domain xyz.wordpress.com sampai akhirnya punya domain keren sendiri ?

ADES : Bisa mengatur isinya sendiri mulai dari design, layout isi, jadwal tayang sampai fitur bermacam-macam fungsi dari backend Content Management System-nya. Dan sekarang ada versi mobile, lebih mudah lagi untuk memperbaharui isi karena semua bisa dilakukan dari ponsel pintar dengan mudah termasuk lihat statistiknya.

goodie-bake-2

WPFW : Sekarang bisnisnya masih berkutat jualan kue, kira-kira berapa persen pendapatan dari punya toko online di wordpress?

ADES : Kalau untuk jualan, aku ngga pake WordPress, karena pengunjung setia pernah protes. Pernah juga coba bikin subdomain baru dengan fitur online store tapi ngga terlalu jalan, karena model bisnisnya bukan produk yang ready stock jadi sepertinya kurang cocok. Maka, WordPress tetap aktif seperti tujuan semula yaitu hanya tempat berbagi resep dan info yang kemudian menjadi gimmick untuk monetizing yang lain, misalnya posting iklan atau endorsement berbentuk artikel yang berhubungan dengan kuliner. Ke depannya mau sih, difungsikan sebagai toko utama (online store), cuma belum sempat menyediakan waktu khusus aja untuk eksekusinya.

WPFW : O iya lokasi fisik sekarang toko goodiebake.com nya dimana yah?

ADES : Toko kecil, sih, hehehe. Di Condet, Jakarta Timur. Di rumah tepatnya.

WPFW : Kalau menurut Ade, apa saran yang musti perlu disampaikan kepada pelaku bisnis yang mulai merintis sampai eksis dalam menggunakan WordPress atau media online?

ADES : Ketika kita memulai sesuatu, kita harus berkomitmen untuk tetap ada dilorong itu, jangan loncat kesana kemari, bikin domain ini dan itu tapi semuanya terbengkalai, jadi mulailah dari yang kecil dulu tapi sangat dikelola dengan baik dan terjadwal, mulailah juga dari hal yang sangat kita sukai, sehingga kita senang menjalankannya. Setelah itu baru bisa dibuat turunannya.

Untuk toko online, menurut aku pribadi, penting sekali punya toko online dengan nama sendiri sebagai lapak utama sebelum membuka cabang di lapak-lapak lain. Jadi, jika suatu saat salah satu lapak itu tiba-tiba harus tutup karena satu dan lain hal, kita masih eksis di toko utama. Sekarang, kan, semakin banyak pilihan online marketplace untuk berjualan, jika kita mau bergabung, artinya juga harus punya waktu untuk mengelolanya supaya tetap bisa memberikan respon cepat (juga harus sediakan hitungan komisinya). Karena salah satu kunci berjualan online adalah fast response.

WPFW : Dibandingkan dengan blog goodiebake, order yang datang paling banyak dari mana (Twitter, Facebook, dll)?

ADES : Instagram! Hahahaha. Oh, dan Go Food by GoJek. 95% pendapatan dari jualan online tapi bukan dari situs goodiebake.com .

goodie-bake-4-fb

WPFW : Sekarang seberapa sering update informasi di goodiebake.com?

ADES : Minimal sebulan sekali harus ada 1 konten. Kalau lagi banyak, seminggu bisa 2-3 kali. Supaya tidak jomplang dengan bulan-bulan sibuk order (seperti Ramadan dan Natal), aku simpan beberapa konten cadangan dengan auto-schedule.

WPFW : Kalau misalkan goodiebake.com fiturnya ingin ditingkatkan kira-kira fitur yang bagaimana yang Ade inginkan?

ADES : Bisa setting online store dari ponsel pintar hehehe. Eh, sudah bisa belum sih?

WPFW : Ok, kira-kira itu saja yang ingin diketahui. Goodluck buat Goodiebake

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *