Blog Yang Menjual Diri

Lho kok blog menjual diri? Maksudnya blog yang digunakan untuk memperkenalkan diri kita atau seseorang ke publik. Tentu saja yang dimaksud adalah blog pribadi yang memaparkan berbagai aktivitas kita. Tentu kalau Anda pede banget untuk menjual diri. Tapi juga tidak harus ingin jualan, tetapi sekedar ingin mempublikasikan aktivitas kita kepada dunia.

Dulu saya mulai ngeblog tujuannya bukan memperkenalkan diri, tapi lebih kepada mempublikasikan tulisan saya. Tapi beberapa teman dan orang, ingin lebih jauh lagi memanfaatkan blog untuk membangun citra dirinya sebagai profesional. Ada yang sebagai politisi, pengusaha, motivator, artis, dan berbagai profesi lainnya. Jadi banyak sekali tujuan personal ketika ingin memperkenalkan siapa dirinya ke hadapan penjelajah internet atau lebih umum sekarang ini disebut kalangan generasi Z. Lalu, apa saja sebenarnya yang harus ditampilkan kalau blog pribadi kita ingin selalu dikunjungi orang?

Pertamax:

Tujuan ngeblog Anda apa? Misalnya teman saya membuat blog sebagai sarana untuk mempublikasikan resep-resep masakan yang dia buat. Karena dia punya passion memasak goodie bake , kue panggang, maka diisilah blog personalnya itu dengan berbagai resep kue panggang dan resep masakan lainnya. Sekarang blognya sudah punya nama karena aktivitas memasaknya juga sudah menghasilkan duit sebagai bisnis kecilnya yang mulai terkenal. Meskipun begitu, blog goodiebake nya tujuannya hanya menampilkan hasil karya masaknya dengan foto-foto yang mengundang selera. Jualannya sendiri lebih banyak dihasilkan dari interaksinya di media sosial seperti di instagram, facebook, twitter, dll.

goodiebake-com-1

Selanjutnya :

Setelah tujuan dan fokus isi blog sudah ditentukan, maka mulailah menulis.

Promosikan blog Anda via medsos kalau memang merasa perlu dan harus. Anda dapat membagikan informasi blog Anda di Whatapps, Facebook, Twitter, Path, Google Plus, dll.

Rawatlah blog Anda dan teruslah pelajari berbagai kiat-kiat menulis blog untuk memudahkan orang lain membaca blog Anda. Ada banyak kiat dan tutorial di Internat untuk melakukan promosi sampai akhirnya mungkin Anda bisa menguangkan isi blog Anda. Atau bisa jadi, blog hanya sarana publikasi atas apa yang Anda lakukan seperti hobi  memasak, jalan-jalan ngicip makanan, travel, olahraga, koleksi batik, koleksi komik, musik dll.

Ok, kira-kira itulah poin-poin dasar untuk mulai memanfaatkan blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *