WordPress 4.9 Siap Dirilis, Apa Saja yang Baru?

Update WordPress memang intensif sejak awal tahun 2017 yang dimulai dengan WordPress 4.7 dengan tema twentyseventeen. Tak lama lagi, rilis WordPress 4.9 akan dikeluarkan. Saat ini versi betanya sudah bisa diunduh jika memang tertarik untuk mencobanya.

WordPress 4.9 diharapkan akan dirilis pada tanggal 14 November 2017. Beberapa fitur nampaknya masih ditambahkan dan direvisi. Apa yang baru di WordPress 4.9?

Simpan dan Jadwalkan Perubahan Tema dalam Customizer

WordPress 4.9 akan memperkenalkan kustomisasi penyimpanan tema sebagai draft. Sekarang ketika Anda membuat perubahan pada tema menggunakan penyesuai, Anda akan memiliki opsi untuk menyimpan perubahan Anda sebagai draf alih-alih membuatnya segera tampil live.

Fitur baru ini juga memungkinkan Anda berbagi pratayang (preview) perubahan dengan sebuah url. Anda dapat mengirim URL ini ke pengguna mana pun, dan mereka dapat melihat situs web Anda dengan perubahan yang dibuat dalam draf khusus tersebut.

Jika diinginkan menampilkan tema berjadwal, pengaturan juga disediakan jadwal untuk penayangan perubahan tema.

Galeri Widget

Penambahan juga ada yaitu fitur Galeri Widget. Fitur baru ini akan memungkinkan Anda membuat galeri WordPress asli dan menambahkannya ke area siap widget manapun di laman website Anda.

Tentu saja jika ingin galeri yang lebih mantap dengan fitur yang lebih gaya bisa dilihat beberapa plugin galeri pihak ketika yang sudah ada di pustaka plugin misalnya Envira Galeri dll.

Tambahhan Tombol Media dalam Widget Teks

Widget teks yang ada sebelumnya polos saja, widget teks yang baru hadir dengan editor teks visual dan polos. Namun, jika ingin menambahkan gambar, Anda tetap harus menulis kode HTML.

WordPress 4.9 akan memperbaikinya dengan menambahkan tombol ‘Add media’ di bagian atas editor teks. Ini akan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menambahkan gambar misalnya banner iklan ke dalam widget teks.

 

Mengedit Kode yang Lebih Baik

WordPress 4.9 akan menghadirkan pengalaman mengedit kode yang jauh lebih baik. Anda akan melihat editor kode yang disempurnakan saat mengedit kode di CSS, editor tema, atau editor plugin kustom. Editor kode ini dilengkapi dengan penyorotan sintaks, saran kode, dan penyelesaian otomatis.

Jika Anda pernah mengalami kesalahan sintaks saat mengedit tema Anda, maka kode editor baru ini akan secara otomatis memperbaiki kesalahan-keslaahan yang biasa dilakukan programmer.

Kalau tidak suka penyorotan sintaks, fitur bisa dengan mudah dinonaktifkan dari halaman profil pengguna Anda.

Itulah kira-kira fitur baru yang ditambahkan di WordPress 4.9. Saya sebenarnya menunggu fitur baru Gutenberg ditempelkan sebagai fitur pengolahan teks yang asli WordPress.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

@atm

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *