Widget

Dalam peristilahan WordPress, widget adalah blok kecil yang dapat melakukan fungsi spesifik. Widget ditempatkan dalam blok sidebar (bilah sisi) sehingga sidebar disyaratkan harus widget-ready atau harus siap digunakan oleh widget.

Widget awalnya dibuat bagi pengguna untuk memudahkan menambah atau mengurangi bagian-bagian theme dengan data dan informasi yang berguna. Widget dengan mudah di tempatkan untuk mengisi posisi sidebar misalnya kiri, kanan ,  atas, bawah , tengah atau dimana saja sidebar berada. Pengaturan dan penempatan widget hanya dapat dilakukan oleh administrator untuk menjaga struktur desain yang baku. Kalau semua orang bisa memindah-mindahkan widget maka tampilan website bisa jadi tidak karuan. Karena itu pengaturannya dilakukan melalu menu   Appearance » Widgets (Tampilan >> Widget) dimana hanya administrator saja yang dapat melakukannya.

Theme WordPress tidak selalu mempunyai widget. Namun, umumnya pembuat theme menyediakan widget untuk berbagai keperluan sebagai bagian dari desain website secara keseluruhan.

Beberapa jenis widget disediakan secara default oleh WordPress seperti : categories, tag cloud, navigation menu, calendar, search, recent posts dll. Jika kita ambil misalnya widget kalender, maka ia akan tampil di widget.

widget-admin

widget-2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *