Web Server (Server Web)

Web Server adalah perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang mempunyai peran utama dalam mendistribusikan dan menjadi pangkalan dokumen maya (web page) dan situs web (website). Seperti namanya, perannya memang seperti pemandu di sebuah rumah makan. Jika kita makan di restoran, pemandu menghampiri untuk memeriksa informasi pemesanan Anda (ini ceritanya restoran elit bukan kelas warteg yang bisa seenak sendiri) dan kemudian mengantarkan ke meja pesanan Anda yang sudah dicadangkan.

webserver

Mirip dengan pemandu restoran, server web pertama kali memeriksa permintaan pengunjung yang datang (baik pengunjung mengetikkan domain langsung di perambahnya maupun mengklik dari suatu pranala hasil pencarian Google) dan kemudian mengarahkannya ke dokumen yang diminta. Ada kalanya dokumen yang diminta tidak ada atau sudah tidak aktif, nah keluarlah pesan terkenal page not found, error 404.

website-diagram

Meskipun begitu, server web bukan sekedar pemandu tapi juga pelayan . Jika sebuah laman maya ditemukan ada sesuai permintaan, maka server web menyajikan laman itu di hadapan Anda melalui browser. Server web mempunyai peran yang sama seperti pelayan di restoran yang menangani komunikasi dengan situs web, menangani permintaan, dan meyakinkan kalau staf restoran alias modul-modul server siap melayani permintaan Anda.

Jadi secara mendasar server web sebagai perangkat lunak adalah aplikasi yang menerima permintaan pengunjung suatu situs web untuk mengakses suatu laman maya di situs tersebut. Tentu saja setiap permintaan melalui beberapa tahap pemeriksaan keamanan dari permohonan HTTP yang masuk sampai laman maya yang diinginkan disajikan. Tergantung pada halaman yang mau diakses, apakah statis html atau laman dinamis, laman maya yang diakses memohon kepada server untuk memanggil dan menjalankan beberapa modul yang diperlukan di laman tersebut. Misalnya, kalau kita masuk ke laman direktori karyawan yang perlu menjalankan modul HRD, beberapa modul mungkin harus dijalankan sampai akhirnya permintaan ditampilkan di hadapan pengunjung yang mungkin saat itu ada di kantornya di depan PC atau mungkin di dalam taksi di depan smartphone-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *