Atom

Atom adalah format untuk menerbitkan konten dengan markup XML untuk digunakan sebagai pembaca feed dan agregator berita. Kemampuan ini disebut ASF atau  Atom Syndication Format. WordPress secara otomatis membuat Atom feed untuk konten dan dapat dimasukkan ke tempat header dan secara otomatis ditemukan oleh feed readers dan agregator berita. Feed Reader biasanya memeriksa untuk berita terbaru ke situs kita dan mengijinkan pengguna untuk selalu mendapat update konten. RSS juga melakukan pekerjaan yang sama, tetapi Atom dikembangkan untuk menyempurnakan beberapa  kekurangan RSS. Web feed sering ditemukan di sistus-situs besar maupun situs keci. Pilihan yang sering kita temui biasanya antara  RSS atauAtom format.

Aplikasi feed reader biasany aprogram stand alone yang berjalan di komputer klien. Tetapi tugas ini nampaknya sudah diambil alaih browser. Keuntungannya, feed reader nyaris ada di setiap komputer dan tak perlu diinstall lagi sebagai program. Tentu saja karena saat ini nyaris semua komputer terkoneksi dan browser menjadi aplikasi perambahnya maka semua fitur feed reader pun sudah ada.

Feed reader seringkali mengkombinasikan beberapa web feed pada satu topik tertentu. Untuk jenis demikian diperlukan Atom Publishing Protocol yang menghubungkan standar web dan sering disebut AtomPub. Protokol ini memungkinkan kita mempublikaiskan, memodifikasi, dan menghapus pos artikel dan file-file medianya dari jarak jauh. Sejak WordPress 3.5 AtomPub tidak diaktifasikan secara default tetapi menggunakan pilihan untuk memakai plugin Atom Publishing Protocol.

Contoh kode Atom Syndication Format :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *