Administration Screens (Layar Administrasi)

Istilah Layar Administrasi digunakan untuk menggambarkan tampilan laman administrasi WordPress yang mempunyai beberapa bagian dan disesuaikan dengan masing-masing pengguna (User).

Tampilan layar admin WordPress tergantung User Role sehingga tampilan menu juga berbeda . Berikut perbandingan layar admin untuk user WordPress mulai Pelanggan sampai Administrator.

Dashboard Administrator

dashboard-admin-screen-administrator

Dashboard Editor

dashboard-admin-screen-editor

Dashboard Penulis

dashboard-admin-screen-penulis

Dashboard Kontributor

dashboard-admin-screen-kontributor

Dashboard Pelanggan (Terdaftar)

dashboard-admin-screen-pelanggan

Kenapa digunakan istilah layar bukan laman dimaksudkan supaya tidak membingungkan dengan pengertian Page (post type) yang dapat dibuat, diubah dan dihapus oleh pengguna. Layar admin merupakan bagian paling ekslusif dimana WordPress, Theme, dan Plugin dikelola. Tampilan layar Aministrasi sering kali disebut Dashboard.

admin-dashboard-gamma-2

Layar Admin WordPress mempunyai beberapa bagian antara lain menu horisontal di bagian atas dan menu vertikal di samping kiri. Menu horisontal memounyai menu quick link untuk langsung menjalankan beberapa fungsi administratif misalnya membuat pos artikel baru, melihat profil, dll.

Di bagian atas layar admin terdapat menu Toolbar  . Ada empat kelompok menu yang perlu diperhatikan yaitu menu di posisi kanan atas terdiri dari Opsi Layar , informasi profil , menu ke laman pertolongan (help) dan keempat menu yang tersembunyi di tanda “+ Baru”.  Menu  “+ Baru”, kalau kita klik akan muncul menu shortcut langsung ke bagin-bagian yang paling sering digunakan di sisi admin yaitu membuat item-item baru misalnya : Post, media, kategori, tag. Tampilan menu tergantung pada user role.

Tampilan layar utamanya terdiri dari jendela Selayang Pandang berisi ringkasan terkini dari jumlah Pos, jumlah Laman, jumlah komentar yang sudah disetujui, jumlah komentar yang menunggu persetujuan, dan informasi versi WordPress yang digunakan.

Kemudian ada jendela Draft Cepat yang menampilkan form isian ringkas untuk langsung membuat sebuah draft Pos atau artikel dengan cepat. Karena status masih draft, pos artikel tidak akan diterbitkan seketika ketika disimpan.

Ketiga adalah jendela Aktivitas yang menampikan daftar judul pos atau artikel yang paling akhir diterbitkan dan daftar komentar paling akhir yang disetujui. Tentu saja, yang dimaksud paling akhir bukan berarti paling baru, karena bisa saja suatu situs web selama berhari-hari tidak pernah di-update isinya (pos, tulisan, artikel, komentar dll. tidak banyak berubah).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *