Admin Area (Layar Kerja Admin)

Admin Area atau Layar Kerja Admin adalah layar yang menampilkan laman-laman administratif dari situs yang dibangun dengan WordPress. Akses default untuk laman ini : http://www.situs-anda.com/wp-admin/

Setelah pengguna login, ia kan memasuki admin area sebagai pusat administrasi situs. Pengguna dengan berbagai role sebenarnya menggunakan area yang sama hanya saja penampilannya dibatasi sesuai dengan kewenanganmasing-masing.

Di WordPress , pengguna mempunyai hirarki sbb:

  1. Administrator
  2. Editor (Penyunting)
  3. Author (Penulis)
  4. Contributor (Kontributor)
  5. Subscriber (pelamnggan)

Di setiap laman admin, dibagian paling atas ada toolbar admin sebagai akses pintas cepat ke fitur utama (kecuali pengguna hanya mempunyai fitur profil). Bagian kiri laman admin adlah menu vertikal yang langsung menyajikan menu-menu administratif dari fitur WordPress seperti menglola Pos, Laman, Media, Plugin, Theme, Pengguna, dll. Penampilannya pun sesuai dengan kewenangan masing-masing. Berikut  ini layar admin untuk masing-masing pengguna.

dashboard-admin-screen-pelanggan

layar pengguna (subscriber)

dashboard-admin-screen-kontributor

layar kontributor (contributor)

dashboard-admin-screen-penulis

layar penulis (author)

dashboard-admin-screen-editor

layar penyunting (editor)

dashboard-admin-screen-administrator

Layar administrator

 

Bidang dibagian tengah disebut area kerja dimana admin dapat melihat berbagai status terakhir aktivitasnya. Sedangkan dibagian kaki ada informasi versi WordPress yang digunakan. Area admin WordPress sebenarnya sangat mudah dikustomisasikan mulai dari mengubah warna, sampai mengubah layout dan  penamapilan dengan bantuan plugin tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *