Absolute Path

Absolute Path sering disebut file path atau full path, adalah lokasi direktori atau file secara fisik di komputer. Di direktori tersebut terdapar  root directory dan juga sub direktori yang mengandung file atau pun direktori lainnya (sub-) . Path digunakan secar luas di sistem operasi untuk menyatakan relasi antara file dan direktori. Penamaan seperti itu juga diperlukan untuk mengoperasikan jaringan seperti internet dan menjadi dasar pembuatan URL (Universal Resource Locator).

Selain absolute path, ada juga relative path yang menyatakan lokasi dari suatu file relatif terhadap direktori kerja Anda, atau direktori dimana saat ini kita sedang bekerja. .Absolute path menggunakan rujukan root directory yaitu posisi paling pangkal dalam pohon hirarki file. Ini berarti tidak peduli apa dimana direktori kita saat ini, kita tetap dapat menemukan lokasi sebuah sumber di dalam sistem.

Sebagai ilustrasi, dalam sistem Linux dan Unix dan server web, absolute path biasanya dimulai dengan tanda garis miring kedepan  /. Maka tiap direktori dipisahkan dengan tanda garis miring kedepan ini.

Contoh :

Di Microsoft Windows, web server biasanya dimulai dengan huruf drive dan dipisahkan dengan tanda garis miring kebelakang atau backslashes.

Contoh :

Di internet URL mengikuti konvensi yang digunakan sistem operasi Unix dengan menggunakan garis miring ke depan / untuk memisahkan file dan direktori yang ada di server.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *