Theme ABI212

Setelah kemarin iseng-iseng bikin header dengan tema Aksi Bela Islam III 212 (lihat headernya yang saya panteng diatas website ini) atau ABI212, kali ini saya mengoprek theme untuk ABI212 dengan nama abi212. Setelah keliling mencari theme asal yang cocok, didapatlah gambaran kalau theme underscores pun bisa dibuat lebih apik dengan beberapa tambahan dan stylis. Theme lainnya yang jadi rujukan antara lain Theme Lebanon, situs semutibrahim.com, theme Nikkon, Focus, Photografy, dan melihat kembali theme lama untuk Galeri foto Galeri Saddha (Sayang situsnya sudah OFF :() .

Hasilnya adalah theme dengan nuansa Galeri , Video, Fotografi dan situs yang menonjolkan aspek visual atau kerja personal semisal fotografer, videografer maupun desain grafis. Tapi karena theme ini dimaksudkan untuk merekam aksi masa yaitu Aksi Bela Islam III yang dilakukan tanggal 2 Desember kemarin, maka theme pun memang akhirnya punya ciri seperti itu karena nanti materinya berfokus pada foto maupun video peristiwa ABI212 tapi masih bisa berpanjang lebar dengan kalimat untuk ananlisis dan opini mengenai peristiwa bersejarah tersebut.  Tentu saja karena peristiwanya terjadi di Monas Ibukota NKRI maka foto epik seorang fotografer istana pun menjadi semacam ciri epik.

Setelah mengutak-atik theme akhirnya diperoleh theme dengan model Masonry (atau saya sebut The Wall ala Pink Floyd hihihi….) di bagian depan dan arsip, header besar di laman Page dan Single, maupun header berupa slider yang didukung oleh plugin Smartslider versi 3. Ke depannya ada dukungan built in untuk plugin Jetpack dan mungkin bisa dipsanag juga WooCommerce.

Bagian  header sengaja dibuat berukuran besar dengan lebar 1234 dan tinggi 500 piksel. Smart Slider bisa mengatur ukuran sesuai kebutuhan, bisa dikecilin maupun diperbesar.

Akhirnya, setelah berkutat tiga hari dua malam pas Jum’at, Sabtu dan Minggu theme ABI212 pun tampil  meskipun masih belum sempurna. Rencananya mau dibuat versi The Wall yang dinamis, jadi konfigurasi blok batanya ukurannya variasi.

Nah kira-kira inilah tampilan laman depan ABI212 dengan arsitektur informasi menu utamanya ada 7 yaitu : Perihal, Blog, Vlog, Opini, Medsos,Liputan Media, dan Kontributor  :

screenshot-600

Bagian footer adalah sidebar footer yang dapat diisi widget secara dinamis. Klik disini untuk melihat hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *