Baru Mulai Nge-Blog Tahun ini? Kenapa tidak.

Sampai hari ini, blog dan nge-blog atau menulis suatu konten di sebuah website sudah merupakan aktivitas harian. Tentu saja, bagi yang masih aktif menulis. Jadi tak ada kata terlambat sekiranya Anda hari ini baru mulai  membuat blog. 

Blogging sebenarnya identik dengan “menulis”. Apakah itu menulis sebuah jurnal harian, sebuah diari, atau sebuah cerita, atau sebuah berita yang menurut Anda “menarik”, maka ngeblog adalah menuliskan semua itu dengan gaya Anda sendiri.

Tentu tak semua orang bisa menulis dengan mudah. Saya yakin, apalagi di Indonesia, dari sepuluh orang mungkin cuma satu yang biasa menulis. Baik itu menulis cerita – sekedar curhat, menulis berita atau menulis yang lebih serius lagi misalnya sebuah opini. Nah, untuk membiasakan menulis tentunya perlu berlatih terus menerus sehingga menulis kelak seperti kita minum kopi saja.

Menulis di blog adalah menulis di media internet berbasis web. Tentu saja Anda yang hidup di era medsos sudah biasa menulis status atau sekedar sms saja. Menulis lebih dari sekedar membuat status tetapi menuangkan ide Anda secara lebih bernas dan lugas sehingga orang bisa memahami apa yang ada di kepala Anda. Jadi ini aktivitas yang perlu kemampuan pikiran kita sambil membayangkan kerangka tulisan yang akan kita sampaikan ke muka publik yaitu pengguna internet.

Zaman koran dan media cetak sudah lewat, meskipun belum mati. Jadi sekarang ini orang menulis di media internet yang lebih cepat dan bebas tak perlu nunggu persetujuan seorang editor dan timnya. Tentu saja ada penurunan kualitas karena kita bisa menulis apa saja dengan gaya apa saja, gaya serius atau gaya kocak, gaya kid zaman now, atau gaya milenial.

Lalu perlukan kita ngeblog atau harus punya blog? Nah ini dikembalikan ke aktivitas dan tujuan kita menggunakan internet atau masuk ke dunka digital , untuk apa? Ini akhirnya akan membedah tujuan kita ngeblog misalnya :

  • Mempublikasikan tulisan saya dan ide saya (bisa macem-macem puisi, cerpen, cerita, opini dll)
  • Menjual produk dan jasa saya (jelas ini untuk promosi)
  • Memperkenalkan perusahaan saya
  • Membuat media online sendiri untuk topik yang saya sukai
  • dll.

Tiga yang pertama merupakan dasar utama atau tujuan orang saat ini untuk ngeblog. Kalau mau lebih ditelaah lagi akan banyak macamnya. Nah kalau kita sudah punya niat dan passion untuk menulis alias ngeblog, kita bisa lihat beberapa platform blog yang terbuka untuk umum misalnya :

  • Detik.com punya bagian untuk blogger
  • Kompasiana, milik media kompas nasional. Lumayan terkendali dari segi konten dan punya editor dari komunitas.
  • Tempo.co juga punya media untuk blogger
  • WordPress.com fasilitator blogging untuk platform WordPress, 100 persen gratis dan bisa upgrade ke berbayar jika mau punya domain sendiri. WordPress cukup terkendali dari segi konten jadi jarang ditemui situs abal-abal, hoax ataupun sumber spammer.
  • Blogspot.co/co.id ini juga gratis punya google dan saat ini paling disukai blogger dan spammer yang membuat situs berbagai rupa dari yang serius sampai abal-abal. Saking mudahnya bikin blog disini, maka blogspot sering jadi ajang situs hoax dan plagiasi. Namun ini nampaknya belum dikontrol penuh google sehingga masih sering terjadi situs-sitsu dari sini diblokir karena spamm, banyak malware tersembunyi dan berbagai isu keamanan lainnya. Google nampaknya belum peduli dengan semua itu karena situs blogger yang ada disitu dijadikan media untuk penayangan iklan-iklannya.
  • Medium.com, ini situs yang mlai populer besutan pendiri Twitter dan sepenuhnya mempunyai isi yang lebih berkualitas dari penulis dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya.
  • Tumbler.com , lebih simple dan konten lebih variatif namun seringkali tulisannya tidak mendalam.

Ada banyak situs penyedia platform blogging lainnya, namun enam situs diatas, tiga nasional, dan empat situs internasional sudah memadai untuk mulai membuat tulisan dan membuat blog.

Jadi mulailah menulis dan ngeblog, tak ada kata terlambat untuk membuat blog Anda sendiri melengkapi medsos yang Anda punya.

Tulisan klasik saya yang dibuat sekitar tahun 90-an tentang membuat homepage itu gampang dapat Anda baca sebagai referensi.

@tmo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *