Menempelkan Video Di WordPress

Saya sesekali menempelkan video di WordPress. Tetapi kenapa embed kode yang diberikan oleh WordPress tidak menampilkan video? Bahkan tampil bagian kosong saja tanpa error message?Malah seperti terhapus begitu saja. Contoh video dibawah ini saya tempel dengan mengklik tombol “Tambahkan Media” dan mencopy URL video Youtube .

Sisipkan ke editor WordPress:

Hasilnya tampil seperti dibawah ini (kalau muncul berarti ajaib) :

Kalau kita lihat di tampilan editor WordPress, video berhasil di embed dan tampil dengan sukses. Klik terbitkan, kita akan lihat apakah video akan muncul di laman pos atau hilang. Ternyata video tidak muncul dengan theme child WPforwhat ini. Video menghilang.

Kenapa demikian? WordPress menggunakan kode embed seperti ini :

Kalau di  editor, video dapat tampil tapi ketika di preview laman tidak menampilkan video. Apa sebabnya? Ternyata sejauh ini tak jelas kenapa shortcode embed video ini tidak bekerja saat di lihat di laman tampilan. Beberapa kasus juga nampaknya belum jelas benar kenapa hal ini bisa terjadi. Walaupun kemungkinannya adalah masalah jaringan ke Youtube yang tidak bagus. Masalahnya bisa dipecahkan dengan meminta request ke server Youtube. Untuk melakukan hal ini silahkan kunjungi codex di WordPress bagaimana cara melakukannya : https://developer.wordpress.org/reference/classes/wp_http_proxy/.

Meskipun begitu,m kalau memang jaringan ke server Anda lamban, ada solusinya, yaitu dengan cara mengnempelkan langsung kode dari Youtube yang menggunakan tag iframe.

jadi, saya coba saja copy embed code yang saya dapat di situs Youtube dan ternyata berhasil menampilkan videonya.

Hasilnya seperti dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *