Mencoba Inline Comments

Malam tahun baru, sampai pagi tahun baru 2017, saya ngacapruk kesana kemari mencari plugin untuk komentar per paragraf yang dulu sempat saya coba pake Comment Press namun gagal total.

Nah kali ini saya temukan Inline Comments buatan @kevinweber asal Jerman. Setelah dicoba dengan beberapa theme untuk tulis menulis, ternyata beberapa masih belum bisa menerima sisi kotak komentar yang mestinya muncul tidak kelihatan. Sayapun coba dengan Twenty Seventeen dan ternyata bisa muncul kecuali di laman page yang masih tidak bisa muncul karena lamannya tidak ada form komentar.

Lantas, kenapa saya mau pake inline comments? Begini ceritanya, tau kan Wattpad.com situs pembuatan fiksi yang sangat populer. Nah saya mau bikin laman WordPress saya untuk novel saya yang sudah ditolak di beberapa penerbit. Jadi saya pun berencana menerbitkannya secara online dan butuh theme yang cocok untuk bentuk konten novel atau cerita dengan komentar per paragraf seperti di Wattpad.Com . Ini menarik supaya pembaca saya menyumbangkan saran untuk tiap bagian paragraf atau ngocol di beberapa bagian di satu Bab maupun di beberapa Bab. Nah rencananya komentar harus bisa dibuat per paragraf atau per baris (inline).

Setelah diunduh, plugin diaktifkan. Pertama kita harus melakukan pengaturan selector dulu. Untuk kita harus tahu struktur css laman post atau page theme yang kita pasang. Selanjutnya hanya pengaturan yang berhubungan dengan beberapa atribut saja.

Setelah melakukan pengaturan plugin inline comment, kita bisa lihat tampilannya di laman post dengan theme kita (saya gunakan twenty seventeen dan berjalan cukup baik ).

Tampilan Komentar Inline

Saya coba lihat di laman Page, ternyata gagal muncul dan ini dikarenakan laman form komentar Page theme Twenty Seventeen memang tidak diaktifkan secara permanen, jadi plugin Inline Comments juga tidak bisa aktif juga.

komentar inline gagal karena form komentar tidak diaktifkan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *