Menguji Penerapan Standar Web HTML5 Di Browser Versi Terbaru

Seberapa jauh penerapan HTML5 pada teknologi browser saat ini? Untuk itu kita perlu melakukan pengetesan setiap browser. Caranya ternyata mudah, ada situs bernama html5test.com yang dapat kita gunakan untuk menguji seberapa jauh penerapan standar Web dengan HTML5 dewasa ini (tahun 2016). Nah kira-kira inilah hasil pengetesan sejauh mana HTML5 diadospi oleh Browser yang ada dewasa ini. Setidaknya yang sering kita gunakan misalnya Edge, Firefox, Chrome, Opera, dll.

Kesimpulannya, hampir semua browser saat ini telah mengadopsi standar web HTML5. Untuk tag-tag populer seperti <!doctype HTML>, <header>, <article>, <footer>, <aside>, dan lain-lain semua browser , baik desktop maupun versi mobil, sudah mengadopsi HTML5.

Fitur-fitur tertentu , khususnya fitur interactive belum sepenuhnya diadopsi oleh semua browser. Misalnya elemen menu dengan konteks dan elemen dialog. Ada yang sudah mengadopsinya seperti browser Chrome, tapi sebagian besar masih belum.

Elemen video, audio, streaming, canvas dan elemen grafis lainnya sebagian besar sudah diadopsi oleh browser yang populer saat ini. Jadi sebenarnya penerapan HTML 5 untuk multimedia sudah di sukung oleh browser baru. Sekarang  tergantung sisi pengguna apakah masih memakai browser lama atau baru. Untuk pengguna perusahaan tentu saja agak susah meng-upgrade browser karena terbentur lisensi. Apalagi kalau jumlah karyawannya ribuan orang bis akeluar duit banyak kalau setiap upgrade diikuti.

Demikian juga beberapa elemen semantik seperti tag time belum banyak diadopsi. Walaupun demikian  nampaknya penerapan stabdar web HTML5 bervariasi pada masing-maisng pengembang browser namun umumnya sudah diatas 80% penerapan. Untuk lebih jelas mengetahui hasil test HTML5 silahkan kunjungi dan coba sendiri secara langsung beberapa parameter uji yang ada dis itus tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *