Cara Cepat Menguasai WordPress

Mau bisa WordPress dalam waktu singkat – sekitar 7 hari atau satu minggu? Begini caranya.

Sudah dikenal kalau Worpress merupakan CMS yang mudah dipelajari dan digunakan. Siapapun yang punya gagasan, ide dan tentunya waktu luang dapat membuat website produk dan jasanya, dan tentu saja mulai berjualan di Internet. Makanya, bagi masyarakat Indonesia yang gemar belajar, menggunakan WordPress sebenarnya tak susah amat. Sejauh ini kalau menurut pengamatan saya ada empat macam pengguna WordPress.

  1. Pertama pengguna WordPress sepenuhnya, ia tak perlu repot belajar bagaimana detil teknis WordPress, asal punya ide, punya produk/jasa, bahkan kalau gak punyapun bisa menggunakan wordpress.com sebagai media publikasinya. Nah inilah yang kebanyakan dilakukan orang seperti halnya saya bikin blog.
  2. Kedua adalah implementor. Sedikit banyak tahu dari yang pertama karena perlu memahami aspek instalasi WordPress di server hosting maupun server lokal. Dan tentu saja paham apa itu hosting dan bagaimana cara mendaftar domain serta kegiatan aplikatif di web lainnya. Ini yang masih saya lakukan sebagai sumber mencari nafkah meskipun tidak terlalu mengandalkan impementasi WordPress (berhubung masih dikontrak salah satu perusahaan).
  3. Ketiga adalah developer aplikasi theme dan plugins WordPress yang memperkenalkan berbagai theme dan plugin kreasinya dan banyak dijual di marketplace sebagai aplikasi premium yang laku dan menghasilkan banyak uang.
  4. Keempat banyak berhubungan dengan hosting, khusus aplikasi WordPress, baik di hosting standar maupun cloud hosting. Yang ini memang lagi marak belakangan ini karena menjanjikan bisnis yang lumayan. Bayangkan saja, dengan pasar 50 persen lebih di dunia banyak orang yang mencari hosting yang lebih mumpuni untuk mendukung perkembangan website WordPress.

Nah, mau berkiprah dimana tergantung keahlian juga. Tapi syarat dasarnya sebenarnya sama yaitu perlu pemahaman lebih apa itu WordPress dan bagaimana menggunakannya. Berikut ini tahap demi tahap untuk menguasai WordPress bagi yang sudah lama kenal WordPress.

First Thing’s First

Anggapan :

  • Anda sudah siap dengan lingkungan kerja yang dibutuhkan seperti ketersediaan XAMPP dan WordPress yang siap pakai.
  • Sisakan waktu dua sampai tiga jam per hari untuk belajar WordPress.
  • Sudah kenal dan paham HTML, CSS dan  PHP.

Nah gimana rencananya selama seminggu kedepan?

Senin

WordPress Codex, WordPress TV & WordPress Core

Seringkali orang mengira Codex hanya untuk pemula. Padahal tidak,Codex sejatinya memang babon WordPress dan mengandung banyak informasi apapun yang dibutuhkan untuk mengenal lebih jauh jeroan WordPress.

Meskipun ditulis secara ensiklopedis, informasinya selalu diperbarui dan terdapat banyak perkembangan baru dari para pengembang theme dan plugin yang menuliskan pengalamannya. Jadi sering-sering aja berkunjung kesini.

Selain Codex, WordPress juga menyediakan WordPress TV yang berisi presentasi yang direkam di acara WordCamp dari seluruh dunia.

WordPress TV menyediakan perkembangan WordPress saat ini baik secara teknis maupun perkembangannya di masa depan dengan menampilkan wawancara eksklusif dengan pendiri WordPress maupun pakarnya. Selain itu banyak juga presentasi yang diberikan oleh pengembang top seperti Andrew Nacin (core developer)dan Mark Jaquith (core developer).

Selain itu, dapat juga dibaca berbagai perkembangan terbaru di blog Make WordPress Core. Blog ini merupakan blog resmi para tim inti pengembang WordPress.

Selasa

Lebih jauh dengan Theme

Memahami bagaimana Theme bekerja sangat penting untuk memahami kedalaman WordPress. Biasanya, kalau kita baru memasang WordPress di komputer lokal kita punya setidaknya theme default. Biasanya kita memilih versi terbaru, atau bisa juga versi lama tergantung kemauan kita. Labih jauh lagi, kitapun dapat langsung mencari Theme alternatif.

Untuk lebih tahu bagaimana theme WordPress bekerja silahkan kunjungi bagian Theme Development . Bagian ini merupakan tutorial untuk memahami bagaimana Theme bekerja dan bagaimana pengembangan theme dilakukan. Meskipun demikian, ada banyak penerapan praktis bagaimana cara membuat theme. Salah satunya silahkan simak tutorial theme di Wpforwhat.com.

Selain itu silahkan cek artikel  A Guide To The Options For WordPress Theme Development,oleh Smashing Magazine yang memaparkan pendekatan berbeda dalam pengembangan theme baik pengembangan dari nol maupun mengoprek theme yang sudah jadi.

Periksa juga The WordPress Theme Frameworks Starter di situs WPTuts+ sebagai pengantar : Developing Your First WordPress Theme.

Rabu

Lebih jauh dengan Plugin

Apa yang dimaksud plugin ?

Mengembangkan plugin sebenarnya lebih mudah dan tidak sesulit yang kita pikirkan. Untuk memulai ada baiknya periksa artikel di codex yang berhubungan dengan Writing a Plugin . Selain itu, pengantar Plugin juga bisa dibaca di

Kamis

Hosting & Backup

Memilih dimana kita akan menempatkan data kita di Internet sangat penting. Ini namanya memilih web hosting yang menyediakan layanan jasa sewa server, beli domain, sampai pembuatan website instan. Saat ini, fitur hosting sudah lengkap dengan aplikasi CMS, blog, e-commerce dll. yang tinggal kita install saja sesuai keinginan kita atau sesuai dengan tujuan kita online. Kalau mau bikin blog biasanya pilihan jatuh pada WordPress yang mudah digunakan dan dipelajari, kalau e-commerce mungkin aplikasi Magento  atau yang lainnya. Kalau forum diskusi ada juga apliaksinya, semuanya gratis.

Saking banyaknya pilihan hosting, dewasa ini kita pun jadi bingung mana yang baik. Karena itu perlu juga baca-baca beberapa tulisan ulasan pilihan hosting di internet misalnya, kalau di luar negeri, bis akunjungi artikel  Web Hosting Review: So Just Who is the Best? . Kalau di dalam negeri, banyak juga pilihannya seperti niagahosting, domainesia, dll.

Baca-baca juga beberapa pilihan yang lain mislanya panduan hosting khusus WordPress disini  9 Best Options for Managed WordPress Hosting.

Jum’at

SEO & Optimization

Situs Moz mengupayakan panduan komprehensif di artikel  Beginners Guide to SEO yang menjelaskan banyak hal mengenai SEO termasuk pemasaran mesin pencari, pencarian kata kunci dan mengukur serta menjejak pengguna.

Codex WordPress mengupayakan panduan dasar untuk optimisasi , artikel panduanlainnya dapat dikunjungi di :

Sabtu

Kustomisasi

Kustomksasi merupakan hal penting dalam desain website. Kustomisasi ini menyangkut penampilan maupun tambahan dna pengurangan disana sini. Yang paling sering dikustom adalah theme sebagai aplikasi yang menampilkan suatu karakter di website apapun. Khususnya menyangkut desain visual. Untuk langkah awal, bisa dibaca artikel-artikel berikut :

Minggu

Kabar dari WordPress

Minggu merupakan hari istirahat, bagia sebagian besar orang hari minggu juga merupakan hari dimana kita bisa bermewah-mewah dengan hasrat kita, hobi kita dll, termasuk menambah ilmu tentang WordPress. Sesekali bisa saja kita kunjungi beberapa situs yang memberitakan tentang WordPress dari banyak perspektif  antar alain :

ManageWP.org, WP Tavern, Post Status, wpMail.me dan Torque.

Situs-situs diats merupakan jendela untuk melongok produk dan layanan WordPress dan pengalaman pengembangnya. Jadi, tiap minggu coba saja sesekali mengunjungi sistus tersebut. Periksa juga artikel 35+ Resources to Become a Kick Ass WordPress Developer untuk lebih memperluas gagasan di dunia pengembangan WordPress

sumber tulisan  :

  • https://premium.wpmudev.org/blog/learn-wordpress-in-a-week/?utm_expid=3606929-89.qobzZlXrS1uV61bna13Vlw.0&utm_referrer=http%3A%2F%2F
  • www.creativebloq.com%2Fweb-design%2Fwordpress-tutorials-designers-1012990

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *