Instalasi Langkah Demi Langkah Mengaktifkan XAMPP

Untuk instalasi webserver dan lingkungan kerja Windows Apache MySQL dan PHP ini saya gunakan bundel lengkap Xampp versi 5.6.3 yang terpasang di komputer PC stand alone yang ada di rumah. Dalam bundel aplikasi XAMPP didalamnya sudah terdapat Apache Webserver, PHP Processor, MySQL Server, dan perangkat pengelolaan database mysql yaitu PhpMyAdmin.

Kalau Anda belum tahu apa itu Xampp, Apache Server, PHP, MySQL, dan PHPMyAdmin, sebaiknya kunjungi dulu situs mereka dan cari tahu sekedarnya. Mengenai perinciannya, insya Allah , nanti saya tuliskan rinciannya. Karena sekarang sedang berbicara tentang cara membuat WordPress Theme maka saya mengasumsikan Anda sudah lumayan tahu Xampp serta aplikasi web lainnya. Kalau belum, silahkan download Xampp di situsnya xampp.org, download versi gratis saja.

Selain Xampp dan konco-konconya, pastikan Anda sudah mendownload WordPress versi terbaru yaitu WordPress 4.6.1 versi Inggris atauoun Indonesia .

Mari kita mulai…

Langkah 1: Download Xampp.

Bagi yang belum punya Xampp di komputernya, silahkan download dulu Xampp. Lalu install Xampp di komputer Anda. Ikuti saja proses instalasinya, nanti di komputer Anda akan muncul folder c:/Xampp atau taruhlah dimanapun di direktori hardisk Anda.

Nah, disitulah semua aplikasi web server berada. Seluruh aplikasi php maupun html akan ditaruh di folder c:/xampp/htdocs.

Perhatikan bahwa meskipun di-install di Windows sebenarnya semua Xampp file terisolasi di foldernya sendiri dan tidak berhubungan dengan driver apapun dengan Windows. Ini berarti Anda boleh saja memindahkan semua isi folder Xampp ke USB atau ke komputer lainnya. Yang penting nama foldernya tidak diubah.

Langkah 2: Jalankan Xampp-Control.

Lihat di aikon desktop Anda atau di folder xampp. Lokasinya My Computer > xampp atau C:\xampp.

Klik ganda file xampp-control.exe. Muncul tampilan jendela panel kendali Xampp. Klik pada button Start untuk Apache dan MySQL sampai stausnya berubah menjadi “running”. Gambar panel Xampp dapat di lihat seperti di bawah ini :

xampp-cp

Untuk menguji apakah Xampp jalan atau tidak, maka buka browser Anda, dan ketikkan http://localhost. Nanti akan tampil layar web admin Xampp yang berwarna oranye.

xampp-cp-admin

Kalau Anda belum familiar dengan Web Admin Xampp dan fiturnya seperti mengelola database MySQL dengan PhpMyAdmin, silahkan klik di sana sini untuk mengetahui fitur-fiturnya. Panel Control Xampp dapat Anda minimize selama running. Tapi ingat jangan sekali-kali mematikannya.

Saya asumsikan saat ini Anda sudah tahu database MySQL. Kalau belum, silahkan pelajari dulu apa itu database, bahasa SQL, database MySQL, dan PHPMyAdmin sebagai antarmuka pengelolaan database MySQL melalui laman web.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *